6 Kegiatan Libur Akhir Tahun di Rumah Agar Tetap Seru

Ada banyak momen hari libur di Indonesia, salah satunya adalah libur akhir tahun. Libur akhir tahun memang menjadi salah satu momen yang seringkali digunakan untuk menghabsikan waktu bepergian ke suatu tempat yang selama ini ingin dikunjungi untuk bersantai.

Akhir tahun sudah semakin dekat. Kamu pasti sudah memikirkan rencana apa yang akan dilakukan saat hari libur. Untuk kamu yang tidak merencanakan liburan ke manapun dan memilih menikmati waktu di rumah, tidak perlu khawatir. Banyak hal yang pastinya bisa kamu lakukan di rumah dan tidak membuatmu bosan.

Liburan di Rumah Tak Selalu Membosankan

Selama liburan di rumah tak selalu berarti kita menghabiskan semua waktu hanya diam saja di dalam rumah. Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di rumah, seperti bermain game, nonton film dan drama, membuat kerajinan tangan baru, atau sekadar bersih-bersih rumah (yap, bersih-bersih rumah juga bisa jadi kegiatan pelepas stres selama liburan). Kita juga bisa bermain ke taman dekat rumah atau jalan-jalan ke tempat yang tenang dan nyaman di dekat rumah.

liburan akhir tahun yang dinantikan akhirnya tiba juga. Banyak orang yang menghabiskan liburan dengan bepergian ke luar kota atau mungkin tempat-tempat rekreasi untuk bersenang-senang. Namun, tak sedikit yang malas dengan kemacetan dan akhirnya memutuskan untuk menghabiskan liburan di rumah saja.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama liburan. Lakukan hobi kamu yang biasanya belum sempat kamu lakukan selama hari biasa.

Anda bisa meluangkan waktu untuk bekerja pada satu proyek yang biasa tidak akan pernah Anda lakukan lantaran tak punya banyak waktu, seperti mengedit foto dari tahun lalu, membereskan buku-buku dan album foto, atau garasi rumah yang berantakan. Setidaknya, satu langkah baru sudah Anda lakukan untuk menyambut tahun baru nanti. Simak beberapa kegiatan yang bisa Anda cicil untuk memulai liburan Anda berikut ini:

  1. Berkreasi di Dapur

Bagi kamu yang hobi memasak, membuat beraneka hidangan yang unik dan lezat, kamu bisa menyibukkan diri di dapur pada musim libur akhir tahun. Ada banyak makanan atau minuman, aneka kue dan roti serta lainnya yang bisa dikreasikan dengan bujet yang cukup minim dibanding bila kamu plesiran ke tempat wisata.

Dan hasilnya, kamu bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta atau sahabat-sahabat terkasih. Kamu bisa memilih jenis menu yang akan dikreasikan melalui akun-akun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau website yang menyajikan tutorial cara membuat aneka makanan atau minuman melalui videonya.

Contohnya, kamu bisa membuat makanan ringan dari bahan dasar kentang, roti, ayam, tortilla dan masih banyak lagi, yang dikreasikan dengan keju, telur, dan lainnya. Atau, bisa juga berkreasi dari bahan-bahan cokelat, susu, kacang-kacangan, buah, dan lainnya. Bila bahan dasar resep tersebut tidak sesuai dengan selera, kamu pun bisa menggantinya sesuai selera.

  1. Bersepeda keliling komplek

Bersepeda adalah kegiatan yang seru dan menyenangkan. Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa mengusir kebosanan dengan melihat-lihat pemandangan sekitar perumahan. So, selama liburan, ajak anak bersepeda setiap pagi atau sore. Masing-masing satu sepeda ya moms. Dan mintalah buah hati bersepeda di depan sebagai penunjuk jalan. Sehat dan menyenangkan bukan?

  1. Berkebun di Halaman Rumah

Berkebun pastinya akan menjadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa menyiapkan berbagai macam bunga dengan warna yang bermacam-macam agar halaman rumahmu terlihat lebih indah. Selian itu, berkebun juga bisa menghilangakn stres bagi kamu yang sedang memiliki masalah.

Mencoba menanam tanaman di pekarangan rumah dan mengubah halaman dengan tatanan baru pasti akan membawa kesan menyenangkan. Kamu pun akan makin dekat dengan alam. Dekat dengan alam gak melulu naik ke puncak gunung, lho.

  1. Undang teman-teman lama

Daripada repot mengurus rencana berkumpul bersama di luar rumah, sesekali tak ada salahnya jika kamu menjadi tuan rumah dan mengundang teman-teman lama untuk reuni di rumah. Siapkan kebutuhan karaoke, makanan enak, dan buat tantangan berkumpul tanpa gadget untuk bernostalgia masa lalu.

  1. Bermain Game, Board Game dan Puzzle

Bermain game khususnya game online, tidak selalu identik dengan hal yang negatif selama disikapi dengan bijaksana. Orangtualah yang paling bijak untuk mengatur waktu anak supaya tidak kecanduan. Pilihlah game online yang bernilai edukasi. Jangan lupa dampingi anak saat bermain game online dan batasi waktunya.

Board game adalah permainan yang melibatkan penghitung atau kepingan yang dipindah atau ditempatkan pada permukaan yang telah ditandai atau “papan”, sesuai dengan seperangkat aturan. Beberapa permainan didasarkan pada strategi murni, tetapi banyak mengandung unsur peluang; dan sebagian lagi murni kebetulan, tanpa unsur keterampilan. board game sangat menarik untuk dimainkan anak dan orang tua tetapi perlu diperhatikan ada beberapa board game yang tidak bisa dilakukan anak yang terlalu kecil kecuali didampingi orang yang lebh tua karena bisanya board game memerlukan kemampuan berhitung.

Penelitian menunjukkan bahwa permainan papan seperti Ular Tangga menunjukkan anak-anak mengalami perbaikan yang signifikan dalam aspek keterampilan nomor dasar seperti menghitung, mengenali angka, estimasi numerik dan pemahaman nomor. Mereka juga mempraktekkan keterampilan motorik halus setiap kali mereka memegang bagian permainan.

  1. Mendekor Ulang Rumah

Libur telah tiba dan kamu tak ada rencana traveling maupun ke luar kota. Jangan sia-siakan dengan bermalas-malasan saja ya. Kamu bisa melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk keluarga.

Salah satunya adalah mendekor ulang rumah. Hal yang satu ini memang tak ada habisnya jika ide terus bermunculan. Kamu bisa ajak seluruh keluarga untuk menata ulang ruangan atau menyusun kembali aneka perabot.

Dengan mendekor ulang rumah, maka hunian akan tampak segar dan baru. Kamu dan keluarga juga jadi lebih kerasan tinggal di dalamnya.

 

Nah, banyak kan hal seru yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah saat liburan? Toh intinya bukan kemana kita pergi berlibur tapi aktivitas apa dan bersama siapa kita mengisi liburan. Yang penting apa yang dilakukan adalah hal yang bermanfaat. Sehingga anak tidak menghabiskan liburan dengan tidur atau menonton televisi seharian. Ada banyak cara untuk membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan semakin asyik. Tidak harus ke luar rumah, tapi bisa melakukan apa saja di rumah yang seru dan memberikan semangat baru dalam menyongsong tahun mendatang. Karena, yang terpenting adalah bisa menikmati waktu dengan menyenangkan dan merasa rileks. Dan yang lebih penting lagi adalah seru plus happy! Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan ketika liburan dirumah, sudah siap menuju liburan akhir tahun?

 

 

 

 

 

Referensi :

https://properti.kompas.com/read/2013/12/27/1234425/Nih.7.Cara.Asyik.Menikmati.Libur.di.Rumah.?page=all

https://travel.dream.co.id/community/hal-yang-bisa-kamu-lakukan-ketika-liburan-di-rumah-191123q/membuat-aneka-makanan-gsz.html

https://bp-guide.id/AXAy6SSJ

https://www.idntimes.com/life/inspiration/eni-s/liburan-di-rumah-aja-yuk-isi-liburan-dengan-7-kegiatan-berfaedah-ini-c1c2/full

https://www.cermati.com/artikel/ide-agar-libur-akhir-tahun-kamu-tetap-seru-meski-di-rumah

http://www.astaga.com/mom-kids/liburan-di-rumah-aja-10-hal-ini-akan-membuat-liburan-di-rumah-semakin-seru

https://www.mamibuy.co.id/talk/article/63772

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3816291/cuma-bersantai-di-rumah-bisa-jadi-liburan-yang-paling-mewah

https://www.fimela.com/parenting/read/3810278/tips-liburan-hemat-di-rumah-tapi-nggak-bosenin-bareng-keluarga

https://m.radarbangka.co.id/rubrik/detail/weekend/16625/daftar-aktivitas-menyenangkan-untuk-liburan-di-rumah.html

× Chat WhatsApp