Skip to content

Cara Memaksimalkan Cahaya yang Masuk ke Rumah

Cara Memaksimalkan Cahaya yang Masuk ke Rumah

Memiliki rumah yang nyaman pastinya menjadi impian dan dambaan semua orang. Selain interior yang digunakan, pencahayaan di dalam rumah juga harus diperhatikan. Masalah yang paling umum dari desain rumah adalah pencahayaan buruk. Ruangan gelap sering menimbulkan rasa tertekan dan kesan suram.

Pencahayaan adalah salah satu elemen yang paling sering diabaikan, namun penting dalam arsitektur dan desain interior. Apa gunanya menciptakan ruang yang bagus jika tidak ada cukup cahaya untuk dapat kita nikmati keindahannya? Pencahayaan juga penting untuk menciptakan skala ruang, memberikan sensasi dan suasana sebuah ruang, dan menghasilkan ruang-ruang fungsional di tempat tinggal kita.

Cahaya matahari bisa kamu manipulasi dengan berbagai cara, seperti memantulkan atau membelokkannya. Cahaya matahari yang datang langsung melalui jendela merupakan sumber cahaya yang paling kuat. Perasaan, pola tidur, kulit, energi, waktu siklus tubuh, kekebalan, bahkan berat badan bisa berubah tergantung dari masuknya cahaya ke dalam rumah.

Nah, saatnya kamu mengatur ulang rumah kamu agar pencahayaan menjadi lebih baik. “Dari segi fisik, cahaya alami memperbanyak vitamin D yang kita ketahui penting dalam mencegah beragam penyakit,” ujar Breanna Jayne Sada kepada Realestate.com.au. Sada merupakan psikolog. “Dari sisi psikologi, riset telah menunjukkan kalau ada hubungan kuat antara saat orang terkena sinar matahari dengan aktivitas sehari-hari, dan kualitas hidup secara keseluruhan,” lanjutnya.

Desain pencahayaan yang bagus menjaga keseimbangan tiga pencahayaan utama: ambient, fungsi, dan aksen. Arsitek dan desainer memutuskan rencana pencahayaan berdasarkan kebutuhan ruang individu dan bagaimana menjaga keseimbangan untuk mencapai efek tertentu. Berikut adalah beberapa trik keren yang layak dipertimbangkan untuk mengatur pencahayaan rumah Anda. Cara Memaksimalkan Cahaya yang Masuk ke Dalam Rumah:

  • Pilih Warna Dinding yang Tepat
  • Pasang Gorden Tipis
  • Ventilasi tak hanya sebagai Sirkulasi Udara
  • Cermin
  • Hindari Sekat Ruangan
  • Lantai Kayu Bernuansa Terang
  • Menyingkirkan Pohon di dekat Jendela

Meskipun memiliki pencahayaan bersumber alami yang baik pada ruang, jangan pernah sepelekan kehadiran dari pencahayaan buatan untuk maksimalkan pencahayaan ruangan, ya. Yuk, mulai berkreasi dan ciptakan ruangan yang lebih nyaman dan fungsional dengan pencahayaan maksimal.