Skip to content

Cara Mudah dan Murah Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Memiliki rumah mungil dengan sedikit ruangan

Rumah Minimalis Modern
Rumah Minimalis Modern

Tips dan Trick untuk ruangan Minimalis

Dengan kapasitas ruangan yang sangat terbatas, rumah kecil bisa terlihat besar, asalkan pemilik rumah cermat dan tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat. Menata rumah agar terlihat lebih luas menjadi hal yang lazim dilakukan, sehingga kesan sempit dan kecil bisa dihilangkan dari rumah Anda.  Memaksimalkan ruangan bisa dengan cara mengurangi perabotan rumah tangga yang sudah tidak digunakan seperti furnitur atau barang lain. Rumah yang mungin akan lebih nyaman jika tak banyak furnitur di dalamnya apalagi furnitur yang berukuran besar. Cara ini bertujuan untuk membuat ruangan yang cukup sempit menjadi terlihat luas dan minimalis. Berikut ada beberapa tips yang dapat dicoba didalam menentukan cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Tips dan trik ini akan dibutuhkan apabila anda mempunyai permasalahan hunian yang tidak terlalu besar luasannya.

  • Menata furnitur secara simetris menghasilkan efek luar biasa. Semua elemen diletakkan di tengah ruangan dengan pertemuan atap pelana sebagai pusatnya. Keseimbangan antara sisi kanan dan kiri rasanya menentramkan, dilihat juga menyenangkan. Asesoris kecil berwarna menyolok bisa mengubah suasana ruangan yang tadinya biasa-biasa saja.
  • Hindari Penggunaan Pintu dalam desain Arsitektur modern di jaman ini, hampir tidak ada lagi perancang yang menggunakan sistim sekat masif pada ruangan yang kecil. Selain akan semakin membatasi ruang gerak yang sudah sempit, dinding sebagai pembatas ruangan juga dapat dikatakan sangat ketinggalan jaman.
  • Gunakan Warna Cerah sebagai Cat Dinding meskipun cat dinding berwarna gelap dapat membuat ruangan terasa nyaman, tetapi hal ini juga dapat menyerap cahaya dan bukan memantulkannya, sehingga membuat ruang terasa lebih kecil. Pilihlah ubin berwarna lebih terang serta warna dinding yang terang juga untuk membuat ruangan terasa lebih luas.