Cara Mudah dan Murah Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Memiliki rumah mungil dengan sedikit ruangan yang tak luas tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Lagipula, dengan kapasitas ruangan yang sangat terbatas, rumah kecil bisa terlihat besar, asalkan pemilik rumah cermat dan tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat. Menata rumah agar terlihat lebih luas menjadi hal yang lazim dilakukan, sehingga kesan sempit dan kecil bisa dihilangkan dari rumah Anda.  Memaksimalkan ruangan bisa dengan cara mengurangi perabotan rumah tangga yang sudah tidak digunakan seperti furnitur atau barang lain. Rumah yang mungin akan lebih nyaman jika tak banyak furnitur di dalamnya apalagi furnitur yang berukuran besar. Cara ini bertujuan untuk membuat ruangan yang cukup sempit menjadi terlihat luas dan minimalis.

“Jadi biasanya kalau memang rumahnya kecil, paling penting kalau dari pintu utama, sisi depannya itu sebisa mungkin antara jendela keluar atau halaman belakang, biar seakan-akan ada kesan ada ruangan belakang lagi,” ujar CEO Dekoruma, Dimas Harry Priawan, seperti dikutip dari HaiBunda baru-baru ini. Selain itu, menurut Dimas, sebenarnya rumah yang baik adalah rumah yang memiliki dua pintu ventilasi. Hal ini agar aliran angin tidak hanya berputar saja tapi bisa keluar masuk. “Cuma kalau emang enggak ada, ya kalau ada biaya harus dibuat, itu juga pengaruhnya bukan cuma luas enggak luas, tapi juga sehat dan tidak sehat. Jadi, udara harus bisa keluar masuk di tempat yang beda. Kalau memang sudah ditembok, biasanya bikin di atap, dibuat bolong,” jelasnya.

Berikut ada beberapa tips yang dapat dicoba didalam menentukan cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Tips dan trik ini akan dibutuhkan apabila anda mempunyai permasalahan hunian yang tidak terlalu besar luasannya. Selain dapat membantu anda didalam perencanaan awal suatu bangunan, tips dan trik  ini juga dapat diaplikasikan bagi anda yang hanya ingin merubah suasana ruangan agar terlihat lebih luas saat anda sudah menempatinya.

 

Gunakan Warna Cerah sebagai Cat Dinding

Warna Dinding yang Cerah

Meskipun cat dinding berwarna gelap dapat membuat ruangan terasa nyaman, tetapi hal ini juga dapat menyerap cahaya dan bukan memantulkannya, sehingga membuat ruang terasa lebih kecil. Pilihlah ubin berwarna lebih terang serta warna dinding yang terang juga untuk membuat ruangan terasa lebih luas.

 

Pilih Furniture yang Memiliki Banyak Fungsi

Furniture Multifungsi

Guna memberi kesan luas, menghindari berbagai perabot yang banyak tentu menjadi hal wajib untuk dilakukan. Anda harus membuat rumah lega dan tidak dipenuhi oleh berbagai barang-barang, terutama yang berukuran besar. Pilih dan gunakan furnitur yang memiliki fungsi banyak sekaligus (multifungsi) yang bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan sekaligus, misalnya ranjang yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya, meja yang bisa dilipat dan menjadi kursi saat tidak digunakan, dan lainnya.

 

Menata furnitur secara simetris

Penataan Simetris

Menata furnitur secara simetris menghasilkan efek luar biasa. Semua elemen diletakkan di tengah ruangan dengan pertemuan atap pelana sebagai pusatnya. Keseimbangan antara sisi kanan dan kiri rasanya menentramkan, dilihat juga menyenangkan. Asesoris kecil berwarna menyolok bisa mengubah suasana ruangan yang tadinya biasa-biasa saja. Merah, ungu, dan metalik mampu mengusir kebosanan di dalamnya.

 

Hindari Penggunaan Pintu

Pembatas Berbahan Kayu

Dalam desain Arsitektur modern di jaman ini, hampir tidak ada lagi perancang yang menggunakan sistim sekat masif pada ruangan yang kecil. Selain akan semakin membatasi ruang gerak yang sudah sempit, dinding sebagai pembatas ruangan juga dapat dikatakan sangat ketinggalan jaman. Sekat ruangan dapat digantikan dengan bentuk elemen lain yang dapat berfungsi sebagai bagian dari interior ruang. Contohnya: Pembatas berbahan kayu, anyaman ataupun bambu yang sekaligus dapat berfungsi sebagai hiasan pot bunga.

 

Dengan mengikuti beberapa tips sederhana tentang men-dekorasi ruangan kecil untuk membuat ruangan terlihat lebih besar, rumah akan merasa nyaman, dan tidak terasa sempit. Kamu pun akan memiliki ruang yang sesuai dengan semua kebutuhan mu.

 

 

 

Referensi :

www.dekoruma.com

www.haibunda.com

www.liputan6.com

www.homify.co.id

www.moneysmart.id

www.idntimes.com

nakita.grid.id

www.hipwee.com

× Chat WhatsApp