Cara Mudah Millenial Zaman Now Punya Rumah Di Usia Muda

Apakah kamu merupakan orang yang lahir setelah tahun 1980-an hingga pertengahan 1990 dan awal tahun 2000-an? Maka bisa dipastikan kamu adalah generasi milenial. Generasi Milenial adalah sebutan untuk kelompok kaum muda yang lahir di rentang tahun tersebut, yang juga sering dikenal dengan generasi Y. Menurut Wikipedia, Kaum milenial ini dulunya disebut Echo Boomers karena adanya peningkatan kelahiran di rentang tahun 1980 hingga 1990-an.

Yang menjadi khas dari kaum milenial ini adalah karakterisitik mereka yang lebih akrab dengan dunia teknologi digital, media serta komunikasi. Tidak hanya itu, pandangan negative juga muncul terhadap kaum milenial, karena dianggap sebagai tipe konsumen yang memiliki gaya hidup boros dan kurang maksimal dalam merencanakan masa depan, termasuk rencana untuk memiliki rumah sendiri. Memiliki rumah seharusnya menjadi salah satu prioritas kaum milenial yang sedang menuju masa depanya saat ini.

Generasi milenial menjadi konsumen yang paling antusias membeli rumah dalam enam bulan ke depan, dengan preferensi hunian kisaran harga menengah dan dekat dengan transportasi umum. Namun, generasi ini masih belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana membeli rumah. Fakta menarik tersebut terungkap dari hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019, merupakan survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura.

Survei ini diikuti oleh 1.000 responden dari kota di seluruh Indonesia dimana sebanyak 69 persen responden berasal dari rentang usia milenial (22-39 tahun) yang terdiri dari 34 persen milenial muda (kelahiran 1990-1997), sedangkan 35 persen adalah milenial tua (kelahiran 1982-1989).

Dari total generasi milenial yang menjadi responden, sebagian besar sudah tinggal sendiri. Sementara itu, mayoritas dari mereka yang masih tinggal bersama orang tua berencana keluar dari rumah orang tua dalam enam bulan ke depan.

Jika dilihat dari usianya, mereka yang sudah tinggal sendiri paling banyak mulai keluar dari rumah pada usia 31-34 tahun, sementara mereka yang masih tinggal bersama orang tua saat ini paling banyak berencana membeli rumah sendiri pada usia 28-30 tahun. Sehingga dapat disimpulkan pula bahwa milenial muda punya keinginan untuk keluar rumah lebih cepat dibandingkan milenial tua.

Walau memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, nyatanya beli rumah sendiri sebelum menginjak usia 30 tahun bukanlah impian belaka lho. Bukan karena gajinya gede, melainkan karena mereka bisa mengelola segala kebutuhan secara cepat dan tepat. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak tips-tips Cara Mudah Millenial Zaman Now Punya Rumah Di Usia Muda di bawah ini :

1. Menabung untuk DP


Ini langkah yang mungkin sebagian orang sudah pernah mendengarnya. Jangan bosan ya.
Menurut banyak penelitian, kesulitan utama memiliki rumah adalah tidak memiliki dana untuk membayar uang muka yang merupakan prasyarat kredit KPR. Sementara itu, hampir mustahil mengambil rumah jika tidak lewat kredit ke bank.

Karena itu, mau tidak mau, uang muka harus dikumpulkan jika ingin punya rumah. Bagaimana cara mengumpulkan DP ? Langkah paling utama adalah menabung dari penghasilan. Namun, banyak yang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, sehingga sulit mengumpulkan uang muka.

Menurut survey Acorns (2015), kami kutip dari Jakarta Post, bahwa hampir separuh anak muda menghabiskan uang mereka lebih banyak untuk nongkrong di kedai kopi dibandingkan menabung untuk pensiun. Cara yang paling efektif adalah menabung ketika baru terima gaji. Jangan tunda sampai akhir bulan, namun saat gaji masuk rekening, langsung disisihkan untuk uang muka.

2. Manfaatkan KPR


Jangan ragu untuk manfaatkan program KPR dengan tenor yang sesuai dengan kemampuanmu. Umumnya, cicilan maksimal harus dilunasi sebelum usia kita menginjak usia pensiun (di atas 55 tahun). Mengingat usia generasi milenial masih muda, kita dapat memanfaatkan KPR dengan tenor panjang hingga 25 tahun. Lho, bukan bunganya jadi mahal? Tenang saja, mungkin suku bunga cicilan KPR dengan tenor panjang terlihat tinggi, namun apabila dibandingkan dengan harga aset yang juga dinamis dan terus meningkat kita masih untung banyak kok.

Kaum milenial sebaiknya sudah mulai memikirkan mengenai kepemilikan tempat tinggal yang penting untuk kebutuhan masa depanya kelak, dibandingkan dengan hanya fokus kepada gaya hidup yang mewah dan serba branded. Kamu tidak usah berfikir berat untuk bisa membeli rumah idaman dengan cara cash, karena kamu juga bisa membeli rumah dengan cara mencicilnya setiap bulan. Setidaknya, dengan mulai berfikiran untuk punya rumah, kamu bisa menekan gaya hidup borosmu agar tidak berlebihan, dan menyisihkan sebagian uang untuk keperluan beli rumah lewat KPR atau KPA.

(Baca Juga : Syarat Pengajuan KPR)

3. Manfaatkan status sebagai pegawai


Beberapa perusahaan di Indonesa ada yang memberikan bantuan kepada para pegawainya yang pengin membeli rumah dengan KPR. Kamu mungkin bisa mencari tahu tentang informasi ini dengan departemen terkait. Atau kalau mau lebih ekstrem, kamu bisa mencari tempat kerja yang emang terkenal memberikan fasilitas cicilan kepada karyawannya.

Umumnya para pegawai negeri sipil akan lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank yang memberikan persetujuan. Alasannya antara lain karena gaji serta tunjangannya tergolong aman untuk menyicil rumah.

4. Jangan Menunda! Sesuaikan dengan Kemampuan


Jangan pernah menunda rencana untuk membeli rumah. Minimal jika belum bisa langsung membelinya sekarang juga, tabunglah biaya khusus untuk membeli rumah tersebut sedini mungkin. Ada baiknya cepat-cepatlah membeli properti karena harga properti setiap tahunnya mengalami kenaikan. Untuk itu sesuaikan rumah impianmu dengan kemampuan, dalam hal ini jadilah sosok yang realistis. Memang tidak ada hunian yang seratus persen sempurna namun akan selalu ada solusi terbaik jika kita cermat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Misalkan, tidak apa-apa untuk membeli rumah di pinggiran kota asalkan dekat dengan fasilitas transportasi, atau jika memang kebutuhan mendesak membuat kita harus tinggal di pusat kota pilihlah apartemen.

 

Direktur BTN Budi Satria menjelaskan memiliki hunian untuk generasi apapun adalah hal yang wajib. Pasalnya, rumah akan menjadi aset ke depannya. Dia memberikan tips jika generasi milenial ingin memiliki hunian di usia muda. Memang, harus sedikit ‘memaksakan diri’ ketika ingin memiliki dan membeli rumah.

Budi menambahkan untuk memiliki hunian dengan metode kredit pemilikan rumah (KPR) generasi milenial menyiapkan kelengkapan dokumen pribadi seperti fotokopi KTP sendiri atau dengan pasangan, fotokopi kartu keluarga, fotokopi surat nikah dan fotokopi NPWP.

Selain itu, juga harus melampirkan slip gaji 3 bulan terakhir dan surat keterangan kerja. Sedangkan untuk wiraswasta wajib melampirkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan laporan keuangan tiga bulan terakhir. Kemudian masa kerja minimal 2 tahun akan diterapkan oleh bank. Bank juga akan melihat rekam jejak pengalaman kerja yang profesional.

(Lihat juga : Tips Agar Pengajuan KPR Lancar Hingga Akad Kredit)

 

Seringkali generasi millennial menganggap bahwa memiliki rumah adalah hal yang tidak mungkin. Namun, di zaman yang serba canggih dengan pengelolaan keuangan yang benar serta gaya hidup yang wajar, Anda pasti bisa memiliki rumah. Daripada ngontrak/nge-kost, mending cicil rumah di Annieland Tangerang yuk! Informasi selengkapnya klik tombol di bawah ini :

 

 

 

 

 

Referensi :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Milenial
  • https://duwitmu.com/kpr/5-tips-memiliki-rumah-bagi-generasi-millennial/
  • https://www.liputan6.com/bisnis/read/3980047/ingin-punya-rumah-milenial-cuma-sisihkan-25-persen-bonus-buat-membelinya
  • https://www.jaringanprima.co.id/id/tips-cepat-memiliki-rumah-bagi-kaum-milenial
  • https://finance.detik.com/properti/d-4592160/milenial-jangan-tunda-beli-rumah-begini-tipsnya
  • https://kpr.online/kpr-milenial/
  • https://www.moneysmart.id/tips-beli-rumah-untuk-generasi-milenial/
× Chat WhatsApp