Ide Dekorasi Menyambut Imlek Tahun 2020

Tahun 2020 mendatang, libur nasional Tahun Baru Imlek akan jatuh pada Sabtu, 25 Januari. Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek dikenal juga sebagai Festival Musim Semi. Perayaan ini yang terpenting untuk masyarakat Tionghoa. Setiap tahunnya perayaan ini diberi nama salah satu hewan dari dua belas hewan yang ada yang disebut dengan istilah shio. Dan tikus logam jantan menjadi shio cemerlang pada tahun Imlek kali ini. Berdasarkan penanggalan Tionghoa, tahun 2020 adalah tahun tikus yang diyakini membawa banyak keberuntungan.

Ketika malam sebelum Tahun Baru Imlek, masyarakat yang merayakannya memiliki tradisi bersilaturahmi dan makan bersama keluarga. Tradisi Imlek itu disebut Tuan Yuan Fan, atau yang berarti pula makan malam reuni keluarga. Kegiatan berkumpul keluarga itu tentunya akan berfokus pada ruang keluarga. Nah, untuk membuat suasana perayaan Tahun Baru China terasa lebih meriah dan hangat maka diperlukan penataan interior yang menarik, termasuk pada dekorasi pernak-pernik Imlek yang cantik.

Untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2020, Anda bisa membuat dekorasi cantik sendiri di rumah. Tentu tak perlu ribet-ribet. Anda cukup membeli berbagai pernak-pernik atau hiasan untuk mendekorasi rumah. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan hiasan untuk perayaan Imlek dari sekarang. Agar tak bingung untuk membeli keperluan dekor, berikut ini Tribunjabar.id memberikan daftar pernak-pernik yang bisa menjadi hiasan.

Selalu didominasi warna merah
Menjelang Tahun Baru Imlek hingga tepat di malam perayaan, beragam pernak-pernik akan dipasang. Hampir semua dekorasi Imlek melibatkan warna merah. Warna merah tersebut merupakan simbol keberuntungan dan kebahagiaan. Penggunaan warna merah tentu akan mendominasi segala bentuk dekorasi hingga pakaian yang dikenakan. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa warna merah adalah simbol kekuatan, kesejahteraan dan keberuntungan.

Di sisi lain, berdasarkan mitologi etnis Tionghoa, warna merah dapat mengusir roh jahat. Inilah sebabnya masyarakat Tionghoa menghias rumah dan mengenakan pakaian berwarna merah di Tahun Baru Imlek. Termasuk juga meletakkan lilin besar berwarna merah di sekitar vihara dan klenteng.

1. Dekorasi Imlek dengan mengganti kap lampu dan lampion

Kap lampu di rumah silahkan diganti dengan lampion warna merah atau kuning emas, mulai dari lampu gantung maupun lampu meja dan lampu berdiri. Jika memiliki kap lampu yang berwarna merah dengan gaya modern, kamu juga bisa menggunakannya. Agar lebih hemat, siapkan kap lampu ini khusus untuk Imlek, jadi kamu tidak perlu beli setiap tahunnya.

2. Hiasan gantung yang bermakna keberuntungan

Aksesoris hiasan gantung berbentuk simpul Cina yang khas lengkap dengan karakter “fu” di atasnya yang berarti kebahagiaan dan kebebasan ini cocok untuk dipasang di tembok, langit-langit atau papan kayu pada setiap sudut ruangan hunian kamu.

3. Gunakan Sticker Dinding

Dekorasi ruang tamu saat hari Imlek selanjutnya adalah menggunakan stiker dinding.
Nah, sama seperti pada desain lainnya, penggunaan stiker dinding tentu menjadi pilihan tepat untuk mengubah suasana dari sebuah ruangan. Kamu hanya perlu memilih stiker bernuansa Imlek dan kemudian menempelkannya pada bagian dinding tertentu.

Ingat! Tidak usah diterapkan pada semua bagian dinding. Cukup pada satu bagian saja. Tapi, akan lebih baik jika menempelkan sticker pada bagian dinding berwarna putih agar nuansa Imlek-nya lebih terlihat.

4. Dekorasi imlek dengan pohon harapan

Pohon harapan sudah menjadi salah satu hiasan yang wajib ketika hari Imlek tiba. Tidak harus memajang pohon dengan ukuran besar hanya untuk menggantung harapan untuk tahun Tikus Logam Jantan nantinya. Kamu mungkin bisa membeli pohon harapan kecil dalam pot yang dijual di toko-toko. Atau membuat sendiri wish tree kamu dengan memotong sedikit dahan pohon, lalu menghiasnya dengan bunga cherry blossom merah muda.

Pohon harapan umumnya bisa berisi doa dan harapan, maupun digantungi angpau beramplop merah muda dan merah. Letakkan juga beberapa lampion mini di tangkainya. Dan disarankan agar pohon harapan ini diletakkan di meja kalau ukurannya hanya sekitar 1 meter. Hadirnya pohon harapan akan semakin menambah kehangan di Tahun Baru Imlek 2020.

5. Dekorasi Imlek dengan vas bunga

Pohon harapan hanya untuk menghias salah satu sisi rumah. Untuk ruangan lain, agar nuansa Imlek tetap terasa, letakkan beberapa pot rangkaian bunga seperti ini. Pilih bunga yang didominasi warna merah atau merah muda. Rangkai dengan sederhana, tidak perlu menggunakan teknik ikebana yang terlalu ribet.

5. Bonsai dengan berbagai varian warna

Miniatur tanaman bonsai hadir dengan berbagai warna, dan akan memberikan sentuhan berbeda pada perayaan imlek tahun ini. Bukan saja untuk perayaan imlek, hiasan ini cocok untuk cabinet kayu kamu.
Dekorasi bernuansa tradisional China memang menarik. Kalau tidak bosan dan ingin memiliki rumah bergaya etnis China ini, sebaiknya kamu mencoba interior chionoiserie untuk rumah. Ada banyak desainer yang siap membantu dan bisa kamu terapkan dirumah guna menyambut hari raya Imlek yang akan datang.

× Chat WhatsApp