Ingin Mengajukan KPR BTN? Perhatikan Hal Ini

KPR BTN

Apa lahan investasi yang sedang sangat menguntungkan di waktu sekarang ? Sejak beberapa tahun yang lalu para para pakar keuangan menyatakan bahwa saat ini bisnis properti tetap akan menjadi lahan yang sangat menguntungkan untuk investasi. Kenapa ? Karena harga tanah dan properti diperkirakan akan selalu naik dari waktu ke waktu. Saat ini pun pembelian rumah dipermudah dengan KPR BTN yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan bank. Bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang baik ini ? Umumnya, harga rumah bersubdisi telah dipatok pada kisaran harga tertentu. Dengan asumsi pembayaran yang terjangkau per bulannya serta tenor panjang 10 hingga 20 tahun, maka rumah bersubsidi bisa menjadi solusi bagi MBR yang ingin memiliki rumah.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa pembelian rumah tidak selalu bisa dikategorikan sebagai investasi. Meski demikian, pembelian rumah adalah salah satu wujud usaha penambahan aset. Barangkali memang tidak memberikan hasil langsung kepada anda sebagai pemilik KPR BTN, tapi seperti yang diungkapkan di atas, harga tanah dan bangunan akan selalu naik. Hal ini bisa membuat nilai aset anda bertambah. Pertambahan ini akan makin tinggi ketika sarana dan prasarana di sekitar rumah anda bertambah lengkap. Kendati begitu, sebagai calon pembeli, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan membeli rumah bersubsidi. kemudian anda membayar cicilan pembayaran selama jangka waktu tertentu. Apa keuntungan yang anda dapatkan dari mengambil peluang ini?

 

KELEBIHAN KPR BTN

Harga Terjangkau

Kelebihan pertama tentu Anda akan mendapatkan rumah dengan harga terjangkau. Seperti diketahui, rumah bersubsidi diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Jadi, harganya pasti disesuaikan dengan kemampuan kantong MBR. Biasanya, Kemenpera memberi bocoran harga jual rumah bersubsidi yang akan dibangun di beberapa kota di Indonesia. Harga per unit rumah subsidi pun berbeda dari kota satu dengan kota lainnya.

Pembayaran awal relatif ringan

Pembayaran awal dari KPR BTN ini biasanya sebesar 30 persen dari harga rumah yang akan anda beli. Uang sebesar itu biasanya digunakan untuk membayar uang muka kepada pihak pengembang atau kontraktor. Selain itu anda juga membayar biaya lain yang adalah cicilan pertama dan biaya administrasi legal. Hal ini tentu saja relatif ringan daripada anda harus membayar sejumlah uang dalam jumlah besar. Dengan menggunakan KPR BTN  ini, anda bisa segera berinvestasi dengan biaya yang relatif ringan.

Lokasi Potensial

Biasanya, rumah bersubsidi berlokasi di kawasan industri yang sedang dan akan berkembang nantinya. Kawasan-kawasan yang berada di dekat kawasan industri cepat sekali mengalami perkembangan dan akan menjadi kawasan strategis untuk dihuni. Jarak menuju kawasan industri dari lokasi perumahan pun tidak terlampau jauh, hanya sekitar 7—15 km. Sehingga bagi warga yang bekerja di kawasan tersebut, lahan perumahan bersubsidi menjadi kawasan strategis untuk dihuni.

Urusan legal sudah selesai di awal

Seringkali urusan pembelian rumah itu terganjal urusan legal atau hukum. Harus ada persyaratan-persyaratan yang khusus untuk menetapkan bahwa rumah yang kelak anda investasikan tersebut bersifat legal, dan dengan demikian memiliki nilai hukum. Artinya, ada tingkat keamanan yang anda dapatkan dibandingkan dengan rumah yang tidak berstatus legal. Urusan ini sangat menentukan dana KPR BTN itu turun atau tidak karena biasanya bank hanya membiayai pembelian rumah yang dilengkapi sertifikat.

Bukan Rumah Inden

Tidak perlu cemas akan tangan-tangan nakal developer. Karena Kemenpera telah mengatur sedemikian rupa bahwa tidak ada sistem rumah inden untuk program rumah bersubsidi. Semua rumah sudah siap dihuni (ready stock), untuk menyikapi kasus risiko gagal terbangun. Calon pembeli bisa mengecek langsung kondisi rumah di lokasi bersangkutan untuk memastikan bahwa rumah-rumah di lokasi tersebut telah terbangun baik dan terencana.

Rumah sudah siap dihuni

Ketika anda sudah merampungkan urusan pembayaran pertama seperti yang disampaikan di atas, biasanya rumah KPR BTN langsung dapat anda huni. Anda tidak perlu menunggu beberapa tahun hingga cicilan anda lunas. Keuntungan dari kecepatan ini adalah berarti anda bisa segera merencanakan bisnis investasi berikutnya.

 

Kelebihan rumah subsidi

Rumah BTN Bersubsidi Siap Huni

Untuk mendapatkan rumah bersubsidi dari pemerintah, syarat yang harus dipenuhi tidaklah begitu sulit. Dalam Peraturan Kemenpera No. 3 Tahun 2014, disebutkan bahwa bila calon pembeli ingin membeli secara KPR-FLPP, maka harus memenuhi persyaratan, antara lain:

– WNI berusia minimal 21 tahun,

– Memiliki penghasilan tetap. Maksimal penghasilan Rp 4 juta untuk rumah tapak dan maksimal Rp 7 juta untuk rumah sejahtera susun,

– Memiliki NPWP,

– Menyerahkan fotokopi SPT dan PPh,

– Belum memiliki rumah pribadi,

– Belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk proses pemilikan rumah.

Bila sudah memenuhi syarat di atas, saatnya Anda memilih bank penyalur KPR FLPP.

 

Jaminan mutu reputasi dari Developer Tepercaya

Perusahaan perbankan bekerjasama dengan pengembang properti untuk menjalankan program KPR ini. Tentu saja mereka tidak asal-asalan untuk mengajak pengembang properti, harus dipilih yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Risiko terbesar yang dapat dialami ketika bank memiih pengembang properti yang asal-asalan adalah bisa jadi pengembang mundur dari pembangunan rumah, padahal bank sudah akan menarik keuntungan dari bunga kredit. Tentu kerugian ini akan diterima oleh pihak bank.

Banyak developer atau pengembang yang turut bekerja sama dalam program Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) ini. Para developer telah terdaftar di beberapa asosiasi pengembang resmi seperti APERSI dan REI..

Annieland Tangerang merupakan developer perumahan subsidi di tangerang dengan konsep premium double dinding dan akses mudah 24 jam. Terminal Balaraja, Stastiun Tigaraksa, dan Pintu Tol Balaraja Barat dan sarana sekitar lainnya seperti masjid, sarana pendidikan, taman bermain, pasar tradisional, sarana kesehatan, tempat wisata.

Selain itu, developer tersebut sudah memiliki beberapa proyek perumahan yang telah rampung atau masih dalam proses penjualan. Sehingga, risiko adanya developer nakal pun sangat kecil.

 

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGAJUKAN KPR BTN

Ketika anda sudah mengenali apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan dari melakukan investasi rumah dengan KPR BTN, ada baiknya anda juga mengenali apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memulai investasi. Apa saja yang perlu anda kenali?

Pertama, waspadalah terhadap penawaran bunga rendah. 

Dari berbagai informasi didapatkan bahwa bank memang menawarkan bunga yang menarik bagi anda yang sedang akan mengajukan KPR. Namun anda perlu memperhatikan bunga yang ditawarkan pada awal. Strategi yang biasanya digunakan bank adalah memberikan bunga tetap selama jangka waktu satu tahun atau enam bulan pertama. Setelah itu bunga cicilan anda akan mengikuti naik turunnya BI rate (suku bunga acuan). Strategi yang bisa anda lakukan adalah memilih bank yang menawarkan bunga paling rendah dan jangka waktu fix rate paling panjang. selain itu diperhatikkan juga jangka waktu evaluasi bunga, biasnaya setiap enam bulan dan satu tahun. Setiap mengajukan KPR, Anda perlu memastikan seperti apa skema yang dipakai dalam menghitung bunga. Adapun 3 perhitungan bunga yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

a) Bunga Flat

Merupakan jenis suku bunga yang dianggap paling sederhana dan paling mudah perhitungannya dibandingkan dengan 2 jenis bunga kredit lainnya. Umumnya suku bunga tipe ini digunakan pada Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Anda dapat melihat contohnya saat Anda menerima sebuah brosur kredit motor atau mobil, di mana terdapat tabel berisi jumlah angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jika Anda menemukan penawaran kredit dengan kolom perhitungan tetap seperti itu, maka terdapat indikasi tinggi bahwa jenis bunga yang digunakan adalah suku bunga flat. Pada kredit dengan suku bunga flat, perhitungan nilai plafon pinjaman beserta bunganya akan dihitung secara proporsional sesuai dengan masa tenor atau lama pinjamannya.

b) Bunga Efektif

Bunga efektif atau sering disebut juga dengan sliding rate biasanya menjadi suku bunga yang digunakan bagi kredit jangka panjang atau dengan kata lain masa tenornya panjang. Sistem perhitungan yang digunakan pada suku bunga efektif adalah perhitungan angsuran berdasarkan sisa pokok utang. Dengan demikian, perhitungan proporsi bunga dan utang pokok dalam tiap periode akan selalu berubah walaupun besaran angsuran setiap bulannya adalah sama.

c) Bunga Anuitas

Bunga anuitas merupakan modifikasi atau pengembangan dari suku bunga efektif yang ditujukan untuk mempermudah nasabah dalam membayar jumlah angsuran tiap periode karena besarannya yang selalu sama. Apabila pada perhitungan bunga efektif angsuran pokok diperoleh dari pembagian antara jumlah pinjaman dan masa tenor kredit, pengaplikasian bunga anuitas memungkinkan angsuran pokok dihitung dari total angsuran yang sudah ditetapkan dikurangi dengan hasil perhitungan bunga anuitas. Singkatnya, bunga anuitas membuat jumlah angsuran setiap bulan sama, di mana hanya komposisi bunga dan  pokok angsuran yang terus berubah secara periodik. Angsuran pokok atau pokok utang per bulannya akan semakin membesar namun pada saat yang bersamaan besaran bunga per bulannya akan mengecil.

Umumnya Anda akan dikenakan bunga anuitas atau efektif dalam pengajuan KPR. Bila yang berlaku adalah bunga anuitas, jangan kaget mendapati pokok utang KPR Anda baru berkurang sedikit kendati Anda sudah mencicil KPR BTN cukup lama. Bila demikian, sisa pokok utang yang harus Anda bayar untuk melunasi kemungkinan masih besar.

Ada saran bagi anda yang konservatif, lebih baik memilih yang satu tahun. Namun bagi anda yang optimis setelah mengikuti kondisi ekonomi makro dari negara ini, anda bisa pilih yang jangka waktunya lebih rendah. Kuncinya adalah anda harus meluangkan waktu untuk survei di beberapa bank yang menawarkan KPR ini, kemudian pilihlah yang diarasa paling Menguntungkan dan sesuai dengan kondisi keuangan anda.

Kedua, fleksibilitas bank dalam menerima pembayaran angsuran. 

Sepertinya akan menjadi ringan ketika anda membayangkan membayar cicilan sebesar jumlah tertentu tiap bulan selama beberapa tahun untuk dapat melunasi rumah yang anda beli. Namun, seringkali ditemui rupanya tidak semua dari kita bisa berlama-lama berada dalam kondisi utang. Fleksibilitas yang dimaksud inilah yang kemudian menjadi jalan keluar dari masalah anda. Biasanya ada bank ? bank tertentu yang memberikan fasilitas pembayaran sebagian atas pokok pinjaman, sehingga jumlah hutang di bank bisa kita kurangi sedikit demi sedikit.

Ketiga, memastikan cara pelunasan yang disepakati. 

Ada banyak kejadian baik yang bisa terjadi selama masa pembayaran cicilan yang lama itu. Ketika kita mendapat sejumlah uang yang cukup untuk membayar lunas, mengapa kita harus tetap mencicil? Tentu kita bisa saja langsung membayar lunas. Maka dari itu perhatikan juga Surat Penawaran Pemberian Kredit ( SPPK ) bank yang diberikan pada kita sebagai hasil dari proses analisa kredit atas pengajuan pinjaman KPR yang diajukan. Periksa pada kesepakatan mengenai aturan percepatan pembayaran.

 

Jika Anda memutuskan untuk tetap melunasinya lebih cepat, maka simak beberapa strategi pelunasan dipercepat berikut ini :

1 Beli Rumah Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Jika Anda ingin membeli rumah, tentunya Anda harus sudah mempersiapkan keuangannya.Bank akan selalu melihat gambaran besarnya dan menentukan jumlah yang akan dipinjamkannya kepada Anda. Dengan demikian, bisa dibilang itu hanyalah estimasi dari bank. Yang sebenarnya mengetahui kemampuan keuangan Anda adalah diri Anda sendiri. Jadi, selalu belilah rumah sesuai dengan kemampuan finansial yang sudah Anda ukur sebelumnya, jangan mengandalkan estimasi dari bank.

 2 Maksimalkan Down Payment (DP)

Cara terbaik untuk membeli rumah adalah dengan 100% uang tunai. Coba bayangkan hidup Anda tanpa adanya beban angsuran yang tinggi. Jika Anda bisa menunda kebutuhan rumah hingga Anda mampu membayarnya secara tunai, mulailah untuk menabung sejak dini. Anda bisa menabung atau menginvestasikan 10 hingga 20 persen pemasukan Anda untuk dapat mencapainya. Misalkan dirasa diri anda tidak sanggup unuk bayar lunas dan mau gam au memelih jalan cicilan, upayakan uang muka yang lebih tinggi dari seharusnya. Maksimalkan demi beban cicilan yang lebih ringan ke depannya sehingga Anda bisa melunasi KPR lebih cepat dengan aman.

3 Bayar Cicilan Lebih Banyak untuk Lunasi Pokok

Setiap kali Anda membayar cicilan lebih tinggi dari seharusnya, maka semakin cepat pula cicilan Anda akan lunas.Namun selalu pastikan dahulu dengan bank mengenai sistem ini, apakah ada denda atau tidak jika membayar lebih banyak pada periode tertentu.

 4 Lakukan Refinancing KPR

Refinancing tidak lain adalah mengganti suatu pinjaman yang Anda telah miliki dengan pinjaman lain. Refinancing dapat dilakukan dengan memberikan pinjaman saat ini atau Anda dapat berpindah pada pemberi pinjaman yang lain. Refinancing  dapat membantu Anda melunasi KPR BTN lebih cepat tanpa adanya denda atau penalti tinggi, karena:

– Anda bisa memperoleh suku bunga lebih rendah

– Anda bisa memperpendek masa tenor dan memperbesar angsuran bulanannya

Anda bisa melakukan refinancing dengan cara:

– Kumpulkan informasi terkait pemberi kredit saat ini.

– Kumpulkan informasi mengenai kendaraan yang akan diajukan refinancing-nya.

– Berikan bukti kemampuan finansial kepada pemberi kredit baru. Untuk lebih jelasnya Anda bisa bertanya langsung dengan pemberi kredit terkait.

5 Sewakan Ruangan yang Kosong

Dengan kondisi perekonomian saat ini, sudah tidak asing untuk menyewakan ruangan kosong di rumah Anda. Misalnya ketika ada satu kamar kosong, anda bisa menyewa kan sebagai kamar kosan ke pada orang lain, Contohnya bisa di iklankan di Mamikos. Tambahan uang ini tentu akan sangat membantu untuk bisa membayar cicilan dan melunasi KPR lebih cepat.

× Chat WhatsApp