Jual Rumah Subsidi Tangerang

Menentukan kelangsungan hidup setiap orang ketika sudah menjadi berumah tangga adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi tinggal memenuhi kebutuhan Papan, yaitu sudah saatnya untuk memulai berencana untuk memiliki tempat tinggal, itu sudah pasti.

Namun untuk memenuhi kebutuhan tersebut terkadang bagi sebagian orang kebanyakan ketika  membentuk suatu rumah tangga sudah harus memikirkan kebutuhan tempat tinggal. Seiring dengan terus berjalannya waktu dan perkembangan setiap lokasi daerah tanpa disadari jika menunda waktu untuk bisa membeli rumah setiap tahun makin tahun harga jual rumah semakin tinggi, jika pembelian secara KPR atau memilih rumah subsidi pun memeliki cicilan kredit nominal angsuran bulanan yang akan naik terus. Solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka pemerintah membuat program dengan adanya yang biasa disebut rumah bersubsidi. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah yang akan membeli atau memperbaiki suatu rumah. Saat ini dikenal ada 2 jenis KPR :

  1. KPR Subsidi

KPR rumah subsidi yaitu suatu kredit yang diperuntukan kepada masyarakat berpendapatan menengah ke bawah untuk rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. Bentuk subsidi yang diberikan seperti : meringankan kredit dan subsidi menambah dana pembangunan atau perbaikan rumah. Kredit subsidi ini diatur tersendiri oleh pemerintah negara, sehingga tidak setiap masyarakat yang ingin mengajukan kredit dapat diberikan fasilitas ini. Secara umum batasan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memberikan subsidi adalah pendapatan pemohon dan maksimum kredit yang diberikan.

  1. KPR Non Subsidi

KPR non subsidi yaitu suatu KPR yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat. Ketentuan KPR telah ditetapkan oleh bank, sehingga penentuan besarnya kredit maupun suku bunga dilakukan sesuai kebijakan bank masing-masing.

 

Biaya dan Metode Perhitungan Bunga KPR

Pada umumnya fasilitas KPR pemohon akan dikenakan beberapa biaya, diantaranya : biaya appraisal, biaya notaris, provisi bank, biaya asuransi kebakaran, biaya premi asuransi jiwa selama masa kredit. Secara umum dikenal 3 metode perhitungan bunga yaitu :

  1. Flat
  2. Efektif
  3. Anuitas Tahunan dan Bulanan

Dalam prakteknya metode suku bunga yang digunakan adalah suku bunga efektif atau anuitas, Apa sih bunga efektif ? berikut sedikit penjelasannya. Bunga hanya dihitung dari sisa pinjaman yang belum dikembalikan. Jadi bila kita sudah mencicil beberapa kali, maka bunga dihitung dari sisa pinjaman yang belum dicicil. Karena bunga yang dibayar semakin mengecil, maka angsuran per bulannya jadi semakin sedikit. Bunga efektif biasanya dipakai untuk kredit berjangka menengah sampai panjang misalnya KPR, kredit usaha, dll.

 

rumah subsidi dp bisa dicicil

Rumah Subsidi Annieland Tangerang, DP Bisa Dicicil

 

Persyaratan pengajuan Rumah Subsidi

Pemerintah telah menerapkan aturan bagi siapa saja yang berminat memiliki hunian bersubsidi. Beberapa persyaratannya antara lain Anda wajib berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia.

Anda juga berhak memiliki hunian subsidi jika penghasilan Anda maksimal Rp4 juta per bulan untuk rumah tapak atau Rp7 juta per bulan untuk rumah susun dengan berstatus karyawan tetap dengan masa kerja atau usaha minimal satu tahun. Kemudian Anda belum pernah mengambil KPR dalam 1 KK atau KPR-nya sudah lunas.

Syarat lain bagi yang mau ambil rumah subsidi adalah berusia 21 tahun atau telah menikah sampai 45 tahun. Selain itu, Anda wjaib memiliki NPWP dan SPT tahunan PPh orang prpibadi sesuai perundang-undangan yang berlaku. Serta tidak mengalih tangankan rumah tersebut kepada orang lain dalam waktu lima tahun.

Adapun beberapa ketentuan saat mengajukan KPR Subsidi antara lain sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP (suami & istri). Aturan terbaru mengharuskan konsumen memiliki e-KTP agar bisa dicocokkan dengan data disdukcapil.
  • Usia 21 tahun – 45 tahun
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi surat nikah
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi SPT PPh 21
  • Fokopi rekening tabungan 3 bulan
  • Surat keterangan belum memiliki rumah (ttd + cap lurah)
  • Surat keterangan kerja (minimal 2 tahun)
  • Slip gaji (gaji pokok Rp 2,5 juta – Rp 4 juta)
  • Rekening koran 3 bulan terakhir (gaji transfer)

Baca Juga : Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KPR BTN

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  1. Bila membeli rumah dari perorangan, pastikan bahwa sertifikat yang ada tidak bermasalah dan ada IMB sesuai dengan kondisi bangunan yang ada.
  2. Bila membeli rumah dari Developer, pastikan bahwa Developer dimaksud telah mempunyai ijin-ijin, antara lain Ijin Peruntukan Tanah : Ijin Lokasi, Aspek Penata-gunaan lahan, Site Plan yang telah disahkan, dsb.
  3. Prasarana sudah tersedia
  4. Kondisi tanah matang
  5. Sertifikat tanah minimal SHGB atau HGB Induk atas nama developer
  6. IMB Induk
  7. Kenali reputasi penjual (perorangan atau developer).

Jangan melakukan transaksi jual beli di bawah tangan, artinya apabila rumah yang akan dibeli masih dalam status dijaminkan di bank, maka lakukanlah pengalihan kredit pada Bank yang bersangkutan dan dibuat akte jual beli di hadapan notaris. Jangan sekali-kali melakukan transaksi pengalihan kredit “di bawah tangan”, artinya atas dasar kepercayaan saja dan tanda buktinya hanya berupa kwitansi biasa, karena bank tidak mengakui transaksi yang seperti ini.

 

Perlu Diketahui Untuk Rumah Subsidi

Sebelum membeli rumah subsidi dari pemerintah ada baiknya membaca penjelasan berikut ini, karena Annieland Tangerang merupakan developer rumah subsidi Tangerang tipe 42 dengan luas lahan 60. Jadi di sini hanya akan membahas mengenai spesifikasi rumahnya saja bukan proses mendapatkannya.

  1. Dengan Tipe 42/60, rumah subsidi Tangerang dari Annieland cocok bagi anda yang mempunyai dua anak, sebab rumah ini memang pas, tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.
  2. Rumah subsidi dirancang sedemikian rupa agar mudah untuk direnovasi, sebab umumnya orang akan mempunyai uang lebih dikemudian hari dan ingin memperlebar atau menambah bangunan. Maka dari itu jangan heran kalau rumah subsidi pada umumnya memang gampang dibongkar.
  3. Yang harus diperhatikan dari rumah subsidi adalah kualitas fitur pendukung seperti pipa dan septitank.
  4. Rumah subsidi bisa dikustomisasi ketika dalam masa pembuatan. Artinya anda bisa menambah, mengganti atau merubah satu dan lain hal.
  5. Ketika memutuskan untuk membeli rumah subsidi, jangan ragu untuk tanyakan mengenai fasilitas pendukung seperti listrik dan air. Sebab rumah subsidi ini memang sengaja dibuat untuk berdiri terlebih dahulu baru diberi fasilitas. Jadi, Annieland Tangerang selaku pengembang rumah subsidi Tangerang sudah menyiapkan jaringan listrik dan air, jangan sampai rumah sudah jadi dan bingung cari aliran listrik dan air.
  6. Kalau anda mendapatkan rumah subsidi namun indent jangan takut sebab pembuatan rumah subsidi Annieland Tangerang tergolong cepat, tidak sampai satu tahun sudah bisa berdiri.
  7. Jika rumah subsidi berada dalam satu cluster, maka umumnya sarana dan prasarana seperti jalan dsb akan dibangun jika semua rumah sudah resmi berdiri. Hal ini untuk menghindari jalan kembali rusak karena sering dimasuki truk pengangkut muatan material.
  8. Ingat rumah subsidi pasti berdiri setelah anda akad kredit. Artinya rumah subsidi akan segera dihuini begitu anda selesai akad kredit.
  9. Anda punya satu kali garansi yang berlaku selama 100 hari semenjak anda resmi akad kredit. Artinya anda harus sering cek rumah subsidi, kalau ada yang kurang misalkan genting pecah dan bocor, keramik retak, saluran air mampet maka bisa langsung isi form dan diperbaiki secepat mungkin oleh pengembang.
  10. Harga rumah subsidi sudah dengan asuransi jadi kalau si pemilik KPR meninggal secara tiba-tiba maka ada kemungkinan rumah lunas. Ajaib bukan?
  11. Rumah subsidi Tangerang hanya ada di pengembang yang ditunjuk oleh pemerintah, seperti Annieland Tangerang. Artinya tidak diperjual belikan secara bebas. Jadi hati-hati kalau menemukan rumah subsidi dijual oleh perseorangan dan juga rumah subsidi tidak boleh disewakan maupun over kredit dalam lima tahun.

 

LAKUKAN INI KETIKA MEMBELI RUMAH SUBSIDI

Rumah subsidi atau rumah murah dari pemerintah, akhir-akhir ini menjadi incaran masyarakat banyak. Tidak sedikit pembeli rumah subsidi yang kecewa terhadap rumah subsidi yang mereka beli. Berdasarkan hal tersebut, Annieland Tangerang berinisiatif untuk membuat hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika anda sudah terlanjur membeli rumah subsidi dari pemerintah.

  1. Pilih Developer Yang Baik.

Sebelum anda memutuskan untuk beli rumah subsidi, pastikan yang membangun adalah developer berpengalaman bukan developer abal-abal, atau asal bangun. Caranya bagaimana? Tinggal lihat track record mereka, kalau mereka sudah pernah membangun cluster perumahan subsidi, maka anda wajib menyambangi cluster tersebut untuk cek dan ricek. Dan perlu bagi anda untuk bertanya pada penghuni cluster tersebut, tentang pengalaman mereka membeli dari developer bersangkutan. Jangan pernah memilih developer yang belum pernah atau baru membuat rumah subsidi.

  1. Awasi Pembangunan

Anda juga bisa mengawasi day by day pembangunan rumah subsidi tersebut, agar nggak ada kerusakan kecil semisal retak atau atap bocor. Anda bisa saja mengganti material biasa dengan yang lebih bagus tapi tidak dengan bentuk rumahnya. Rumah subsidi nggak boleh diubah bentuknya selama lima tahun, kalau sampai anda ketahuan mengubah bentuk rumah subsidi, maka KPR anda bisa digagalkan oleh bank. Tapi biasanya mandor atau marketing bakal mengingatkan anda tentang hal ini.

  1. Garansi

Kalau anda mendapatkan rumah subsidi yang siap huni, maka anda wajib mengecek rumah subsidi setelah jadi. Lihat apa ada kerusakan atau nggak? Karena semua rumah subsidi mempunya garansi 100 hari setelah jadi, apapun kerusakan dan sebagaimana kerusakan akan digantikan dan dibetulkan selama masih 100 hari setelah rumah jadi.

 

rumah subsidi siap huni

Rumah Minimalis Subsidi Annieland Tangerang Siap Huni

Perlu diingat rumah subsidi umumnya dibangun menggunakan material non premium, tetapi demi kenyamanan penghuni rumah, Annieland Tangerang membangun rumah subsidi Tangerang ini dengan material premium bergaya minimalis yang modern, sehingga inilah yang membuat Annieland unggul dibanding dengan perumahan subsidi lainnya. Untuk mengetahui spesifikasi perumahan kami, Anda bisa menghubungi kami melalui tombol WhatsApp di bawah ini.

 

× Chat WhatsApp