Tetap Nyaman di Rumah Saat Musim Hujan

Awal tahun 2020 sudah tiba, cuaca pada bulan ini menandakan intensitas curah hujan di negeri tropis ini sedang dalam puncaknya. Dimulai pada tanggal 1 Januari yang lalu, setelah beberapa bulan sebelumnya curah hujan tidak begitu intens membasahi bumi, akhirnya hujan pertama yang turun di awal tahun 2020 ini pun datang.

Ini artinya kita harus mulai memerhatikan beberapa hal penting pada saat musim hujan, tidak terkecuali rumah yang merupakan tempat kita berlindung. Memiliki rumah pribadi memang impian semua orang. Kini, program rumah subsidi pun dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mewujudkan impian tersebut. Rumah pribadi yang sesuai kebutuhan akan membuat seluruh anggota keluarga senantiasa nyaman.

Memang di satu sisi hujan sangat menguntungkan, selain mampu membuat keadaan rumah terasa lebih sejuk dan nyaman, hujan juga menjadi penanda kesuburan kehidupan di bumi ini. Namun, di sisi lain jika hujan deras datang terus-menerus menerpa rumah kita, bukan tidak mungkin akan menjadi masalah serius. Apalagi setelah musim kemarau yang cukup panjang, laksana gelas yang usai diisi air dingin lalu dituangkan air panas, rumahpun pastinya akan mengalami kemerosotan kekuatan di berbagai sisi. Bergantinya musim kemarau ke musim penghujan, acap kali berdampak pada kesehatan bangunan rumah. Bagian-bagian hunian, seperti atap rumah dan dinding, rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan perubahan cuaca tersebut.

Pada musim hujan ini, selain menjaga kesehatan tubuh maka jangan lupa untuk tetap merawat rumah agar tidak menimbukan hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa hal yang perlu diwaspadai saat hujan adalah atap bocor, dinding yang lembab serta sambungan arus listrik.

Agar rumah tetap menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dan berlindung dari hujan, ikuti beberapa tips yang dikutip rumah.com agar rumah Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Perhatikan Atap dan Talang Air

Yang paling pertama harus jadi perhatian saat musim hujan adalah bagian atap. Gak ada salahnya bila kita melakukan pengecekan dengan naik ke atas atap atau mengintip dari plafon rumah untuk memastikan gak ada celah air bisa masuk dari atap. Konstruksi di bagian atas rumah jadi salah satu yang memberi andil rumah gak akan bocor saat hujan datang. Pastikan kontruksi atap rumah terpasang dengan rapat tanpa ada celah.

Jangan lupa untuk memastikan atap yang dipasang terbuat dari bahan yang berkualitas. Beberapa jenis bahan pembuatan atap terbuat dari genteng tanah liat, metal, dan bitumen. Sebaiknya pilih bahan atap menyesuaikan terhadap intensitas dan curah hujan di daerah tempat tinggal. Kalau hal tersebut sudah dipastikan, jangan pernah lupa untuk memberi sentuhan pelapis anti bocor berkualitas dan tahan atas rembesan air hujan.

Nah, selama musim kemarau talang air juga rentan tersumbat akibat menumpuknya debu atau kotoran berupa daun-daun kering. Buru-buru bersihkan talang air karena ini kalau terlambat akibatnya juga bisa fatal. Air yang harusnya lancar terbuang melalui pipa pembuangan, justru terhambat dan akan menggenang di talang air, dan bila sudah tak tertampung akan tumpah ke dalam. Selain itu, Anda juga wajib memeriksa kondisi talang. Jika terjadi kerusakan pada talang yang berpotensi bocor atau rembes segera perbaiki agar dapat berfungsi maksimal di musim hujan.

Tutup pintu dan jendela dengan rapat

Agar air hujan tidak merembes masuk ke dalam rumah, anda harus menutup rapat-rapat pintu dan jendela di semua rumah anda. Jika memang pintu atau jendela rumah anda mengalami kerusakan harap segera di perbaiki.

Perhatikan permukaan dinding

Saat musim hujan tiba, kelembaban udara menjadi lebih tinggi dibandingkan ketika musim panas. Hal tersebut patut diwaspadai karena dapat memberikan dampak negatif pada hunian. Misalnya, terlalu banyak diterpa air hujan, membuat dinding rumah menjadi lembab yang dapat menyebabkan kerusakan.

Selain dinding, kondisi rumah yang lembab karena hujan juga dapat membuat furnitur yang ada di rumah rentan mengalami kerusakan. Terlebih pada furnitur yang terbuat dari kayu, contohnya akibat tingkat kelembaban yang tinggi dapat membuat kayu menjadi lapuk.  Karenanya, lindungi furnitur kayu dengan memberi lapisan cat kayu dan besi agar tetap awet, tahan cuaca, serangan jamur dan lumut.

Untuk mengatasi masalah lembab agar tidak membuat masalah pada rumah juga bisa dilakukan dengan memaksimalkan fungsi ventilasi udara. Sehingga, kondisi rumah tidak lembab yang dapat memicu berkembangnya jamur dan lumut. Bisa juga dengan memasang dehumidifier yaitu  alat yang dapat mengurangi tingkat kelembaban udara menjadi ideal dan bebas polusi, sehingga rumah menjadi nyaman.

Kelistrikan

Kita juga harus mewaspadai dan memerhatikan instalasi kelistrikan di rumah. Pastikan sebelum musim penghujan kabel-kabel listrik di rumah aman, yaitu dalam keadaan tidak berserakan maupun tidak terkelupas. Karena jika banjir melanda, genangan air berpotensi mendekati stop kontak lalu mengalirkan arus listrik pada kabel-kabel yang terkelupas dan berserakkan tadi.

Jika banjir sudah surut, pastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi listrik dalam keadaan kering. Selain itu, penormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi listrik dipastikan kering serta ada penandantanganan berita acara yang disaksikan oleh ketua RT/RW atau tokoh warga setempat. PLN juga akan memadamkan listrik jika rumah pelanggan dan gardu distribusi terendam air.

Potong rumput yang sudah panjang

Tidak hanya manusia yang menyenangi cuaca seperti ini tetapi juga binatang seperti ular senang berkeliaran jika musim penghujan tiba. Periksa keadaan rumput di sekitar rumah. Bila sudah tampak terlalu tinggi dan lebat segera ambil peralatan memotong agar tidak ada tempat untuk ular-ular tersebut bersembunyi.

Jika di sekitar rumah anda ada cabang pohon atau pohon yang mati dan lumayan besar, anda bisa menebang atau memangkasnya agar jika ada angin tidak menimpa rumah anda dan rumah anda akn selamat.

Siapkan senter dan lilin

Di musim hujan biasanya kerap kali terjadi pemadaman aliran listrik. Hal ini biasanya terjadi ketika hujan besar, apakah karena ada pohon yang tumbang sehingga menimpa kabel listrik, atau karena petir. Untuk itu, harus segera mempersiapkan alat penerangan alternatif. Biasanya yang sering disediakan adalah senter dan lilin. Sediakanlah dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan jumlah ruangan di rumah. Akan lebih baik jika memiliki generator listrik, karena ia tidak hanya dapat menerangi rumah, tapi juga dapat membuat peraatan lainnya beroperasi, seperti TV, lemari es, setrika dan lain-lain.

Namun, bersama berjalannya waktu karena generator dibanderol dengan harga lumayan, bisa juga menggunakan power bank. Saat ini banyak beredar di pasaran power bank dan lampu baca atau pun lampu tidur yang bisa menyala dengan daya dari power bank. Penggunaannya juga cukup mudah, hanya memastikan daya di power bank cukup dan diisi dayanya sehingga sewaktu-waktu mati listrik sudah bersiap.

 

Demikianlah beberapa hal yang harus kita perhatikan saat musim penghujan dimulai dan tidak ada salahnya juga merawat rumah pada saat kondisi tidak hujan.  Karena bagaimanapun, merawat rumah di berbagai kondisi cuaca adalah investasi agar Kita beserta anggota keluarga tetap merasa nyaman dan aman saat bernaung di rumah. Demikian artikel cara merawat rumah saat musim hujan tiba, tunggu artikel tentang rumah lainnya. Semoga bermanfaat ya!

 

 

 

 

 

Referensi :

https://www.popmama.com/life/home-and-living/bella-lesmana/kondisi-rumah-yang-harus-diperhatikan-saat-musim-hujan/full

https://www.solopos.com/musim-hujan-ini-5-cara-agar-rumah-aman-dari-bahaya-korsleting-1039472

https://www.batamnews.co.id/berita-38050-masuki-musim-hujan-5-bagian-rumah-ini-butuh-perhatian-ekstra.html

http://edupaint.com/tips/rumah/interior/11171-mencegah-masalah-kerusakan-pada-rumah-saat-musim-hujan

https://www.cekaja.com/info/5-hal-yang-harus-disiapkan-di-rumah-sebelum-datang-musim-hujan/

http://properti.rakyatku.com/read/23473/2016/10/10/jadikan-rumah-sebagai-tempat-ternyaman-saat-hujan

http://ecohomesindo.blogspot.com/2016/10/musim-hujan-memang-harus-perlu-kita.html

https://news.olx.co.id/article/musim-hujan-perhatikan-hal-ini-di-rumah-anda

 

× Chat WhatsApp