Tips Jitu Membeli Rumah Murah

Sudah bukan rahasia jika rumah di kawasan ibu kota Jakarta memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada di daerah lain. Belum lagi bahwa begitu banyak rumah dijual sekarang yang ditawarkan dengan harga atau biaya yang semakin tinggi sehingga para pencari rumah murah sulit menjangkau status kepemilikan rumah di Jakarta. Fakta ini semakin membuat Anda ragu bisa mendapatkan rumah murah yang nyaman untuk keluarga dan yang tidak mempersulit mobilitas Anda sehari-hari. Akhirnya dengan anggaran yang terbatas, banyak orang yang lebih memilih untuk tinggal di rumah kontrakan atau sewa. Namun, jangan khawatir Anda tetap bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa memiliki rumah murah idaman. Anda juga bisa memutuskan apakah Anda ingin membeli rumah melalui orang lain atau melalui developer properti.

Mungkinkah membeli rumah dengan harga murah? Jawabnya tentu saja sangat mungkin. Dengan catatan selama Anda teliti terhadap setiap penawaran dari developer atau agen properti, serta cermat ketika memilih pembiayaan untuk rumah yang akan Anda beli. Manfaatkan peluang tawaran kredit pemilikan rumah (KPR) mendapatkan rumah murah yang Anda idamkan. Meskipun prosesnya terlihat panjang, tetapi program KPR ini sebenarnya meringankan kita melalui cicilan kepemilikan rumah secara bertahap.

Bagaimana Anda mendefinisikan “murah” jelas relatif, tetapi panduan ini harus memberi Anda titik awal untuk menemukan rumah dengan harga terjangkau yang sesuai kebutuhan Anda.

  1. Riset Secara Online

Membeli rumah murah tentunya diperlukan kesabaran. Bahkan di pasar real estate yang lambat, mungkin sulit untuk menemukan penawaran nyata. Anda hanya harus menjadi sedikit lebih kreatif dan melakukan sedikit sleuthing untuk menemukannya. Selain melakukan survei langsung ke area perumahan, trik membeli rumah murah bisa Anda lakukan dengan melakukan riset secara online agar lebih hemat waktu dan tenaga. Anda dapat menemukan informasi tentang rumah murah di website maupun di media sosial. Ada sejumlah situs web yang memposting informasi tentang perumahan murah siap huni seperti Annieland.id yang menawarkan survey gratis dari Jakarta.

  1. Cari di Pinggiran Jakarta

Beli rumah di pinggir kota Jakarta bisa Anda dapatkan dengan harga lebih murah dibandingkan dengan rumah di pusat kota Jakarta. Tidak masalah jika Anda tidak memiliki rumah di Jakarta, selama akses ke tempat kerja (yang kebanyakan berlokasi di Central Business District) mudah. Saat ini pemerintah DKI Jakarta tengah menggalakkan program transportasi dari KRL, MRT, hingga LRT.

Carilah rumah murah yang dilintasi akses tersebut dengan harga di bawah Rp 200 juta. Atau jika Anda termasuk masyarakat berpenghasilan rendah, Anda bisa mendapatkan rumah subsidi yang murah. Di Annieland Tangerang masih banyak rumah subsidi tipe 38 dan 42 dengan harga di bawah 185 juta. Untuk aksesnya sendiri, saat ini Anda bisa melewati jalur Tol Balaraja Barat atau menggunakan KRL Commuter Line dari Stasiun Tigaraksa, jadi untuk ke stasiun tersebut Anda dapat naik angkutan umum atau naik motor dan menitipkannya di tempat parkir. Karena berada di wilayah penyangga ibu kota, artinya meskipun berada di pinggir Jakarta, rumah murah di Tangerang ini sangat strategis. Yang paling penting, perumahan subsidi murah ini bisa dibeli dengan cara kredit perumahan rakyat (KPR) bank BTN. Karena ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, maka bunga yang ditawarkan pun tetap 5%. Di samping itu, Anda hanya perlu membayar uang muka mulai dari 1% saja. Cicilan rumah BTN murah ini bisa diselesaikan maksimal 20 tahun dengan plafon sampai dengan Rp250 juta. Pastikan kelengkapan persyaratan dan dokumen untuk kelancaran KPR sampai lunas.

Selain itu, perumahan subsidi di Annieland Tangerang memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Fasilitas tersebut terdapat taman, pasar, bank dan ATM, mini market, ragam pilihan penjual makanan, hingga fasilitas kesehatan. Ditambah lagi, di dekat lokasi perumahan ada fasilitas seperti pusat perbelanjaan dan area rekreasi.

  1. Cari Rumah Oper Kredit

Ada beberapa cara alternatif miliki rumah murah dengan biaya ringan. Salah satunya ialah membeli rumah secara oper kredit, atau memanfaatkan fasilitas pembiayaan KPR FLPP dari Bank BTN. Tidak ada salahnya Anda mencari rumah murah yang di over kredit. Tentunya rumah over kredit harganya akan lebih murah daripada Anda membeli rumah second yang biasa.

Kenapa harga rumah over kredit bisa lebih murah? Ini disebabkan oleh adanya pihak yang membutuhkan uang masuk. Ketika rumah dijual secara over kredit, tentu pemilik membutuhkan uang masuk karena pemilik tersebut bisa saja sudah tidak ingin melanjutkan cicilan. Atau, ketika ada rumah yang di over kredit pun tentunya disebabkan sang pemilik tak mampu membayar lagi, sehingga daripada merugi dengan kehilangan uang dan rumahnya begitu saja.

Salah satu keuntungan take over kredit rumah yang biasanya dilakukan setelah KPR BTN berjalan beberapa tahun, artinya rumah juga sudah jadi dan sudah ditempati beberapa tahun. Selain rumah yang sudah terbentuk dengan sempurna, lingkungan sekitar juga pastinya sudah terbentuk.

Proses beli rumah oper kredit di bawah tangan atau tanpa sepengetahuan bank dan notaris dinilai tidak aman.  Meski tidak mengeluarkan banyak biaya, karena cukup membubuhkan materai, namun posisi pembeli rumah kurang kuat di mata hukum. Nah, jangan sampai tergoda dengan harga murah, namun melupakan aturan pentingnya!

Jadi, itulah beberapa tips jitu membeli rumah murah idaman dari Annieland Tangerang. Cari rumah murah mulai dari sekarang yuk, sebelum harga properti mulai meroket naik.

× Chat WhatsApp