Skip to content

Tips Memilih Furnitur Untuk Rumah Minimalis

Annieland.id – Memiliki rumah yang indah adalah impian hampir semua orang. Bagaimana tidak, karena rumah menjadi bagian dari kebutuhan primer manusia, sehingga rumah harus dibuat senyaman mungkin agar penghuninya juga betah. Salah satu indikator kenyamanan rumah juga dipengaruhi oleh luas atau tidaknya hunian tersebut. Semakin luas rumah, maka penghuninya diberikan kebebasan untuk mengatur tata letak, privasi, serta efektivitas ruangan.

Namun tidak semua orang atau keluarga mampu mempunyai rumah yang luas. Berbagai alasan seperti keterbatasan biaya, harga rumah dan harga lahan yang terus naik, serta berbagai aspek lainnya membuat keinginan untuk memiliki rumah yang luas cukup sulit diwujudkan. Untuk mencari solusi masalah tersebut, beberapa orang menyiasatinya dengan pengaturan tata letak, pemilihan furniture, permainan warna, dan meminimalisir fungsi satu ruangan dengan yang lainnya.

Jika Anda adalah orang tersebut, maka kedatangan Anda di sini sangat tepat, kami akan membahas apa saja tips memilih dan mengatur furniture agar rumah yang dimiliki bisa terlihat lebih luas dan juga cantik. Yuk simak selengkapnya penjelasan dibawah.

1. Perhatikan Ukuran Furniture dan Luas Ruangan

Sebelum membeli furniture, sebaiknya ukurlah dahulu luas ruangan yang akan ditempati. Sebagai contoh, rumah minimalis dengan keterbatasan ruang tentu akan lebih cocok jika diisi dengan furniture berukuran kecil hingga sedang. Jika salah beli atau memaksakan pemilihan furniture yang terlampau besar hanya akan membuat ruangan terasa sempit dan tidak nyaman. Bukan cuma luas ruang saja yang menyusut, salah pemilihan furniture juga justru membuang-buang biaya. Jangan mudah tergoda dengan desain furniture yang menarik, tapi mengabaikan fungsi dan efektivitasnya.

2. Perhatikan Fungsi Ruangan dengan Furniture

Pemilihan furniture juga hendaknya disesuaikan dengan fungsi ruangan yang akan ditempati. Sebagai contoh, ruang keluarga. Karena berfungsi sebagai tempat berkumpul dan berbincang, maka sebaiknya pilih furniture yang mampu memberikan fungsi tersebut dengan baik, seperti sofa yang nyaman. Besar kecilnya sofa ini juga harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang ada. Dengan bijak memilih, maka pengeluaran biaya pembelian furniture juga bisa ditekan lebih baik.

3. Pilih Desain Furniture Minimalis yang Tepat

  • Pilih Warna yang Senada. Pilihlah warna furniture yang senada dengan dinding dan dekorasi interior yang lain. Anda bisa dengan menyelaraskan warna dominan yang ada di dalam ruang, memilih warna monokrom, serta menghindari penerapan warna kontras rendah yang terlalu mencolok mata. Ketiga cara tersebut bisa diterapkan, terutama untuk menjamin agar furniture menyatu dan tidak menimbulkan ketimpangan yang malah justru merusak keindahan ruang.
  • Pilih Furniture yang Berkualitas. Ada banyak jenis furniture yang tersedia di pasaran, namun tidak menjamin apakah berkualitas atau tidak. Dengan memilih jenis yang tepat, keuntungan yang didapatkan yaitu lebih awet dan tidak mudah rusak, sehingga masa penggantiannya juga bisa lebih lama. Jika Anda mempunyai kocek lebih, usahakan untuk memilih furniture minimalis yang berkualitas agar menekan biaya ekstra penggantian di masa depan.
  • Pilih Desain Multifungsi. Saat ini sudah banyak furniture yang mengedepankan desain multifungsi, seperti rak include tempat tidur, sofa include dengan wadah penyimpanan, dll. Dengan memilih contoh desain seperti diatas, selain menghemat pembelian juga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan.
  • Pilih yang Modelnya Ramping. Karena terbatasnya ruang, maka Anda bisa menyiasatinya dengan memilih jenis furniture yang modelnya lebih ramping karena bisa menghemat ruang.
  • Pilih yang Bisa Menempel/Menyatu Dengan Dinding. Sesuai dengan konsep rumah minimalis, saat ini ada banyak furniture yang memanfaatkan fungsi dinding lebih maksimal, yaitu dengan desainnya yang terkesan menempel. Beberapa contohnya adalah meja, rak buku, pot tanaman bersusun, dll.
  • Pilih Desain yang Bisa Dilipat. Yang terakhir adalah memilih jenis furniture yang bisa dilipat, seperti meja kerja, kursi, sofa, bahkan juga tempat tidur. Selain untuk menghemat ruang, pilihan seperti ini juga memudahkan Anda memindahkan furniture berkat desainnya yang compact dan praktis.

4. Sesuaikan Budget Anda

Berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, furniture yang baik dan berkualitas tentunya juga sebanding dengan harga yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda tetap harus memperhitungkan dengan budget yang dimiliki agar mencegah impulsive buying. Tips tambahan yang bisa diterapkan untuk menekan biaya ini yaitu memilih satu set furniture yang biasanya lebih murah daripada pembelian terpisah.

5. Pengaturan Pajangan

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah pajangan. Pajangan ini mempunyai efek plus minus dalam hal mempercantik ruangan. Plus nya, Anda bisa memanfaatkan ruang yang kosong dan membosankan sehingga bisa terlihat lebih hidup, namun apabila pemasangannya berlebihan dan dilakukan asal-asalan malah justru membuat ruangan terasa penuh dan tidak kontras dengan furniture yang sudah dipilih.

sumber : https://www.acc.co.id/accone/InfoTerkini_Detail?Id=3622&title=Tips-Memilih-Furniture-Minimalis-Agar-Rumah-Lebih-Luas-dan-Cantik

 

Share:

Facebook
Twitter

Post Terbaru

Segera dapatkan konsultasi gratis !!!

Konsultasi sekarang dengan cara mengklik nomor dibawah untuk terhubung dengan tim kami.