Karakteristik Rumah Minimalis Modern yang Wajib Diketahui

Rumah Minimalis Modern

Saat ini pada zaman sudah semakin berkembang dan semakin kompleks menuntut semua orang untuk lebih ekstra bekerja keras dalam menciptakan inovasi, kreativitas, ide-ide baru yang dapat menjadi inspirasi semua orang agar tidak tergeser bahkan ketinggalan zaman. Kini semakin banyak orang yang menumbuhkan ide-ide kreatif mereka untuk dijual di pasaran. Dalam satu contoh kasus Rumah dengan model minimalis  dimana anda bisa membangun rumah yang modern, nyaman dan sederhana di lahan yang tidak terlalu besar.

Rumah minimalis modern telah menjadi salah satu konsep desain arsitektur yang marak digandrungi orang beberapa tahun kebelakang. Di tambah ada dukungan filosofi gaya hidup minimalis memang semakin popular karena kesederhanaan namun tidak menyingkirkan kenyamanan dan keindahannya.

Tujuan memilih konsep rumah minimalis modern adalah mencapai desain yang lebih efisien dan efektif melalui kesederhanaan dalam bentuk, ruang, material, detil dan warna. Konsep rumah minimalis modern juga mengutamakan beberapa unsur dalam penataan dekorasi sehingga tercapai sebuah konsep rumah yang diinginkan atau diidamkan pemiliknya.

Karakteristik Rumah Minimalis Modern

Salah satu karakteristik dari rumah minimalis adalah rumah yang didesain dengan gaya arsitektur modern. Desain rumah minimalis modern juga memerlukan kehati-hatian dalam menata ruang untuk menghadirkan tempat yang fungsional. Namun, banyak orang mulai salah dalam memaknai rumah minimalis yang sebenarnya. Banyak orang berpikir rumah minimalis modern adalah rumah sempit berwarna putih dengan perabotan yang sederhana. Padahal, membutuhkan hal yang lebih dari itu untuk membuat rumah minimalis yang sebenarnya. Berikut ada beberapa yang harus anda ketahui karakteristik dari rumah minimalis modern supaya anda tidak salah memahami konsep minimalis :

1. Serba Simpel

Bentuk yang sederhana, konsep rumah terbuka, interior dinding yang minimal, area penyimpanan yang cukup, dan penekanan pada jarak pandang dan pencahayaan adalah beberapa kriteria penting dalam konsep rumah minimalis modern yang harus diperhatikan Konsep rumah minimalis modern yang konsisten akan tercermin baik dari eksterior ataupun interior.

Eksterior dari konsep rumah minimalis modern menampilkan struktur bangunan dan dinding yang leluasa visualnya. Ekspresi karakter konsep rumah ini bisa ditonjolkan dari segi material maupun tekstur. Sering tampil dalam bentuk kotak baik secara vertikal atau horizontal, konsep rumah minimalis modern sering terlihat bersih dengan bukaan jendela atau pintu yang mudah.

Detail kabinet dengan panel datar tanpa hiasan, perangkat furnitur dengan visual bersih, dan juga fitur-fitur pegangan tersembunyi atau menyatu dengan perabot yang tetap efisien merupakan karakter dan konsep rumah minimalis modern yang umum dijumpai. Mengusung konsep simpel, konsep rumah minimalis modern tidak memerlukan dekorasi rumah yang berlebihan sehingga sering disebutkan sebagai konsep rumah yang cukup terjangkau dan efektif dari segi biaya.

Rumah minimalis memiliki rencana tata ruang yang sederhana, mudah dieksekusi, dan efisien. Hal inilah yang membuat rumah dengan desain ini tidak rumit ketika dibangun.Ciri khas denah rumah bertema minimalis adalah sebagai berikut:

  • Tampilan yang sederhana
  • Denah dengan lantai terbuka
  • Interior dinding yang simpel
  • Area penyimpanan sederhana
  • Penekanan pada pemandangan
  • Cahaya natural

Selain itu, rumah minimalis modern juga dirancang dari dalam terlebih dahulu. Sehingga, bentuk luar rumah akan menyesuaikan bagaimana bagian dalam dibuat.

Baca juga : 5 Contoh Tipe Rumah Minimalis

2. Bersih, Terbuka, dan Dipenuhi Cahaya

Rencanakan  rumah anda dengan denah lantai terbuka yang di mana cahaya natural bisa masuk ke dalam setiap ruangan seperti ruang keluarga, makan atau dapur.

rumah minimalis modern

(Sumber : MyDomaine)

Suasana menarik yang ditampilkan gambar di atas adalah hasil dari gabungan warna lembut pada dinding, detailing yang modern, ruang yang rapi, serta sedikit pop of color. Selain itu, membatasi aksesori dan furnitur bisa membuat raungan “bernapas”. Terlebih, cahaya natural dari luar akan membuat ambience ruangan terasa hangat dan nyaman. Apabila dirasa masih kurang menurut anda maka bias pasang lampu sesuai dengan kenyamanan Anda. Pilihlah warna lampu yang putih agar memberi kesan yang luas. Namun, pilihlah cahaya redup khusus untuk malam hari terutama saat tidur untuk memberikan kenyamanan dan mencegah pemborosan.

3. Penggunaan Material

Mimilih material yang sesuai adalah suatu karakteristik dari rumah minilmals modern. Ambil contohnya seperti menggunakan material cladding  yang sederhana untuk menimbulkan kesan eksterior menjadi tampilan yang menarik pada rumah anda. Pasalanya, setiap bentuk material memiliki karakteristik dan tekstur yang berbeda. Sebagai contoh, ada sebuah konsep interior rumah yang memberikan tampilan fasad yang sangat menarik karena pilihan bahan yang unik.Menggabungkannya warna coklat pada fasad dengan warna putih bisa memberikan nuansa natural yang menanangkan.

Anda juga dapat memanfaatkan material beton yang dibentuk seperti papan kayu sehingga memberikan tekstur yang sangat eye catching untuk interior rumah minimalis modern. Selain itu, bahan-bahan rumah ini cocok sekali untuk orang dengan kepribadian yang sederhana. Hal ini bisa dilihat dari minimnya perabotan di dalam ruangan. Material yang dipakai pada gambar di atas didominasi oleh beton dan kaca. Namun, beton yang dibentuk seperti papan kayu memberikan tekstur yang sangat eye catchinguntuk interior rumah minimalis modern yang satu ini. Selain itu, bahan-bahan rumah ini cocok sekali untuk orang dengan kepribadian yang sederhana. Hal ini bisa dilihat dari minimnya perabotan di dalam ruangan.

  • Pilih palet warna yang tepat

Dalam pemilihan warna anda dapat memilih warna dasar yang memiliki karakter minimalis modern dan hindari warna dasar yang terlalu terang dan mencolok. Jika anda memilih warna gelap dan terang, gunakan warna yang lebih gelap di area ruangan yang lebih sedikit dimensinya dan warna terang sebagai dominan warna. Maksimal gunakan 3 warna untuk palet rumah anda, jangan gunakan terlalu banyak karena dapat memberi kesan berlebihan.

Selain menggunakan perpaduan beberapa warna anda juga dapat  mengkombinasikan warna rumah anda dengan beberapa motif, batu, atapun kayu. Dengan pemilihan warna yang tepat dapat membantu rumah anda lebih terlihat besar, modern, dan nyaman untuk penghuninya.

Efek warna yang begitu besar dalam kehidupan manusia menyebabkan warna menjadi sesuatu yang tidak boleh anda abaikan. Jika menghendaki terciptanya suasana yang nyaman sesuai yang Anda inginkan dalam desain interior minimalis. Jangan pernah anda abaikan hal terkait dengan warna dalam desain interior, baik warna dasar dinding maupun warna furniturenya.Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam mengaplikasikan warna dalam desain interior rumah minimalis anda. Apapun warna yang akan diaplikasikan dalam desain interior rumah minimalis hendaknya disesuaikan dengan kesan yang ingin diciptakan.Tidak setiap warna yang anda sukai dapat di aplikasikan dalam dinding atau furniture rumah anda.

  • Pemiihan interior dengan efisien

Dalam pemilihan desain interior yang harus diingat adalah bahwa sekalipun interior yang dibuat minimalis tetapi dalam memilih furnitur harus sesuai dengan kebutuhan dan memiliki desain yang simpel namun berkelas sehingga dapat menghadirkan kenyamanan kepada pemiliknya. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam memilih interior rumah.

  • Kenali Aktivitas Anda

Rumah anda adalah tempat ternyaman di dunia ini, kalimat tersebut memang benar adanya. Dalam pemilihan interior rumah, tentu harus  mendukung dan memperlancar serta memberi kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas di dalam rumah. Karena dengan kenyamanan mampu menghadirkan mood yang mendukung  dalam melakukan aktifitas anda sehari hari di dalam rumah. Maka dari itu Anda tidak sembarangan mengaplikasikan elemen-elemen interior Anda. Perhatikan dan sesuaikan kebiasaan anda dalam sebuah ruangan di rumah anda. Sehingga fungsi dari setiap elemen yang ada benar-benar fungsional, tidak ada satupun elemen interior yang tidak berfungsi.

Efisiensi dalam penggunaan bahan dan lahan cukup diperhatikan. Termasuk juga mengurangi susunan ruang yang tidak efektif dalam penggunaannya, serta tidak terlalu banyak menggunakan perabot Oleh karena itu melihat pola hidup sangat berpengaruh dalam mendesain rumah anda.

  • Penempatan Furniture Yang Tepat

Dalam mengusung konsep minimalis, Anda harus tetap berpikir bagaimana agar ruang yang minimalis tersebut nampak terasa luas. Untuk hal itu Anda dapat menggunakan furniture minimalis,  dimana ketika anda menempatkannya dalam sebuah ruangan dalam desain interior rumah Anda tetap akan memberi space kosong dalam ruang tersebut. Penerapan suasana yang membuat ruang dalam rumah, anda dapat menggunakan cermin. Penggunaan cermin salah satunya dengan menggunakan jenis cermin yang besar dapat memberi kesan luas pada ruang yang sempit. Kabinet dan lemari gantung juga sangat tepat Anda aplikasikan dalam desain interior rumah minimalis dimana memungkinkan Anda menyisakan ruangan yang kosong untuk menjaga kelapangan ruang dalam luas yang sempit serta menggunakan barang-barang yang simetri dengan detailing simple salah satu ide cerdas.

Anda juga dapat menghadirkan berbagai elemen dekorasi yang beragam sangat membantu seseorang dalam mendesain interior rumah minimalis.  Tetapi Anda perlu tahu bagaimana menata dekorasi dalam desain interior rumah minimalis.  Anda juga harus mengetahui berbagai jenis ragam dekorasi kemudian memilih dekorasi yang paling pas dalam desain interior rumah minimalis Anda.

Pengaplikasian wallpaper juga dapat Anda jadikan sebagai dekorasi dalam dinding ruang Anda. Penempelan lukisan minimalis yang berpadu dengan warna tembok ruangan rumah juga dapat Anda aplikasikan. Dalam satu ruang minimalis hindari penggunaan dekorasi yang ramai atau berlebihan , karena kesan ramai  akan memberi kesan sumpek dan tidak nyaman dalam sebuah desain interior rumah minimalis.

Baca juga : Rekomendasi Furniture di Ruang Tamu Minimalis

  • Meletakan Taman Yang Senada Dengan Desain Interior Minimalis

Kehidupan di kota yang penuh dengan kebisingan kerja dan polusi udara membuat seseorang kesulitan mendapatkan kesan natural dalam hidupnya. Gedung-gedung yang menjunjung tinggi telah menggantikan alam persawahan menjadi bangunan beton yang membosankan. Inilah yang kemudian membuat seseorang merindukan kehadiran alam dalam desain interior rumah minimalisnya.

rumah minimalis modern

(Sumber : Ofdesign)

Untuk menghadirkan suasana asri dan natural di dalam rumah anda salah satunya adalah menghadirkan objek taman dalam  interior rumah. Anda tidak perlu khawatir tentang space ruangan untuk  menghadirkan sebuah  taman di rumah anda. Anda dapat memilih taman yang paling cocok untuk diaplikasikan dalam desain interior rumah minimalis Anda. Material taman dapat anda pilih yang sesuai dengan tema yang akan Anda aplikasikan dalam taman tersebut.

Tidak melulu tanaman asli yang digunakan dalam taman yang anda buat. Tetapi pemilihan menggunakan tanaman kering juga dapat anda gunakan dalam mendesain interior rumah. Penggabungan tanaman asli dan tanaman kering juga dapat dipilih dalam mengisi taman di rumah anda.

Sudah tau kan sekarang tentang karakteristik rumah minimalis modern yang anda harus terapkan. Gaya minimalis memang disukai banyak orang karena menggambarkan sebuah pencapaian kualitas hidup tertinggi. Dalam arsitektur, minimalis merupakan sebuah gagasan untuk mencapai kualitas desain yang lebih baik yang didapat melalui kesederhanaan dengan benar-benar meminimalisir penggunaan berbagai elemen dan unsur desain namun tidak mensikirkan keindahan dan dapat mewakili unsur-unsur yang di perlukan, maksud sederhananya menjadi paket komplit dengan kemasan yang sangat minim.

Tak berbeda jauh dengan arsitektur, dalam desain interior, minimalis juga merupakan sebuah cara untuk mendapatkan penampilan yang sangat ramping dari sebuah ruang, penggunaan yang sangat minimal berbagai elemen dekorasi, serta penerapan berbagai bentuk dan model furniture yang tidak membebani kapasitas ruang. Gaya minimalis sengaja diciptakan untuk meraih kenyamanan tanpa banyak memasukan unsur dan elemen dekorasi, meminimalisir penggunaan banyak barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Dengan pengaplikasian rumah minimalis, anda dapat memanfaatkan bahan material dan lahan seminimal mungkin dengan menonjolkan desain rumah minimalis yang simple. Keinginan untuk membuat rumah minimalis akan lebih mudah dengan semakin banyaknya referensi yang bisa anda dapatkan.